Kuala Kapuas, kaltengtimes.co.ud – Banyaknya keluhan dari masyarakat Pujon Kecamatan Kapuas Tengah dan masyarakat Timpah Kecamatan Timpah terkait seringnya pemadaman listrik. Terlebih dengan difungsikannya Rumah Sakit Pujon sudah barang tentu dibutuhkan fasilitas pendukung seperti aliran listrik yang stabil melalui layanan yang lebih modern.
Terkait hal tersebut, pihak PLN UP3 Kuala Kapuas, melalui Asisten Menejer Distribusi Bagian Teknik, Topan, ketika dibincangi pada Senin siang 3/6/2024, meminta warga pelanggan agar bisa bersabar.
Masyarakat juga tidak perlu khuatir dan mencurigai petugas yang ada di kedua Unit PLTD tersebut karena pihaknya selalu melakukan pengawasan termasuk pada penggunaan BBM. Sebab Kita juga punya hitung-hitungan antara besaran kWh yang di produksi dengan BBM yang digunakan, jika dalam perhitungannya terdapat perbedaan yang mencolok, maka pihak PLN akan mengevaluasinya, namun sejauh ini semua berjalan normal, antara pemakaian BBM dengan besaran kWh yang diproduksi itu normal dan wajar, “terang Topan.
Topan meyakinkan bahwa dalam waktu dekat ini listrik di Pujon dan Timpah serta Kecamatan lain yang di daerah hulu itu akan menyala 24 jam, sebab progres pembangunan instalasi jaringan yang dari Buntok (Barito Selatan) telah dikisaran 60%, bahkan seharusnya di atas 60%, namun karena ada kondisi banjir beberapa waktu lalu sehingga terkendala dalam pengerjaan instalasi jaringan, seperti pendirian tower yang mengalami keterlambatan.
“Saya yakin, akhir bulan Juni sudah selesai dan rampung, sehingga masyarakat pelanggan di dua wilayah dan beberapa wilayah lainnya akan segera bisa menikmati layanan listrik selama 24 jam penuh. Sebab dengan rampungnya jaringan instalasi Barito nanti otomatis tidak ada lagi unit layanan yang menggunakan mesin diesel yang kondisinya saat ini sudah mesin tua. “Ungkapnya.
Oleh karenanya kita menghimbau masyarakat setempat agar memberi kenyamanan pada para pekerja yang tengah menyelesaikan pembangunan jaringan instalasi tersebut. Setidaknya tidak melakukan hal-hal yang bisa menghambat penyelesaiannya.
“Terkait pemasangan baru, kalau untuk rumah tangga saya kira masih bisa terus berlanjut tapi kita himbau untuk tidak dengan calo. Seterusnya untuk non rumahtangga seperti Rumah Sakit dan Bank itu perlu analisa lebih lanjut. “Tegas Topan.
Di sisi lain, Gantamuda, salah seorang warga pelanggan dari Timpah yang beberapa waktu lalu sempat keluhkan pemadaman bergilir, ketika di informasikan terkait layanan PLN yang akan segera menyelesaikan target listrik 24 jam di Pujon dan Timpah, mengaku lega dan senang.
(*Nas)