Kasongan, kaltengtimes.co.id-Sejumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kasongan, Kabupaten Katingan mengeluh, lantaran air leding yang disalurkan ke rumah warga tidak mengalir selama tiga hari.
Hermanto, salah seorang warga yang tinggal di Jalan Kenangan, Kasongan menyebutkan, air leding PDAM sudah 3 hari ini tidak mengalir.
Hermanto yang ditemui sejumlah media, Minggu sore (6/3) mengatakan, dirinya terpaksa menggunakan air galon selama tiga hari berturut-turut.
Air galon tersebut bukan hanya digunakan untuk minum dan bemasak saja, tapi saya gunakan juga untuk mandi dan mencuci pakaian melainkan juga untuk kebutuhan rumah tangga.
Dirinya berharap kepala PDAM Kabupaten Katingan agar memperhatikan kebutuhan pelanggan mengingat masalah air ini merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang sangat penting.
Sementara itu, kepala PDAM Kabupaten Katingan, Adiansyah saat dikonfirmasi sejumlah awak media, mengakui hal tersebut.
Dikatakannya, air PDAM yang dikelola di Katingan ini, hanya dua hari saja yang tidak mengalir ke pelanggan yakni sejak Sabtu dan Minggu.
Pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan peralatan, dan tidak ada satu onderdil ataupun sperepart yang mengalami kerusakan.
Adiansyah mengatakan, yang jadi masalah hanya keringan air di jalur air baku yang menuju ke pompa untuk menyalurkan ke pelanggan, akibatnya PDAM tak bisa menyalurkan air ke pelanggan.
Namun dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera menyelesaikan persoalan ini, “Senin atau Selasa sudah bisa aktif lagi dan pelanggan sudah bisa menikmati air PDAM ,” kata Adiansyah. red